//
you're reading...
info musik

cara kirim demo ke mayor label

TIPS KIRIM DEMO KE LABEL

Membaca berbagai syarat di sejumlah label Indonesia, saya menarik kesimpulan bahwa, kualitas rekaman yang maksimal di butuhkan oleh mereka untuk mendengarkan demo. Artinya, jangan harap demo live bisa masuk dalam tahapan seleksi . Namun demikian, tidak menutup kemungkinan itu bisa terjadi. Kalo bener-bener lolos dengar ya anggap aja “mukjijat” Maklum, ini tahun 2009, hampir semua orang sudah melek kualitas rekaman, apalagi untuk orang-orang yang kerjaannya di musik bukan ?

Jangan lupa membuat  proposal singkat. Gak perlu bertele-tele hingga mirip proposal proyek pembangunan jalan. To the point aja. Desainlah dengan menarik. Ke artistikan desain biasanya menunjukkan seperti apa kualitas band kita. Kalo kita punya kliping koran atau review media tentu akan menjadi nilai lebih.

Cari dan buatlah daftar label sebanyak-banyaknya. Setelah kita anggap cukup, langkah selanjutnya adalah mempelajari profil label-label tersebut. Kita bisa nyelonong ke situsnya langsung untuk tahu seperti apa sih warna musik yang mereka harapkan. Jangan buang-buang prangko atau jasa titipan kilat dengan mengirimkan warna musik metal ke label yang jelas-jelas menampung karya-karya dangdut. Remuk coy !

Urutkan materi demo yang paling potensial buat anda. Usahakan cari yang detik awal musiknya sudah maut duluan. Kalo perlu, kita bikin poling-polingan ke fans atau teman-teman untuk memastikan mana nih yang bakal di jagokan pertama, kedua, dst.

Selalu sertakan contact person di tiap bagian paket demo kita. Baik pada Proposal, Cover maupun Stiker CD label. Contact person yang tidak boleh tertinggal adalah alamat email. Biasanya label-label pada ogah menghubungi kita langsung via telpon jika demo kita belum lolos. Untuk itu mereka lebih suka memberi kabar lewat email.

Check sekali lagi semuanya. Pikirkan lagi apa yang kurang. Setelah semuanya benar-benar oke. Silahkan kirimkan.

Setelah dua – tiga hari setelah pengiriman, kita kontak label terkait untuk menanyakan apakah demo kita sudah diterima atau belum. Untuk keperluan ini, sebaiknya kita telpon atau email sajalah mereka. Gak perlu datang langsung karena biasanya jawaban yang mereka berikan sama saja dengan jawaban di telpon. Buang-buang waktu bukan ?

Kalo demo kita ternyata tidak lolos, jangan terlalu stress dan malah pengen bunuh diri. Masih banyak jalan menuju roma. Solusi pertama ya bikin lagi, kirimkan lagi, demikian seterusnya. Solusi kedua ya kita rilis sendiri. Nah, tentang hal-hal di luar usaha pengiriman demo ini, kita juga telah bahas cara-cara self rilis. Silahkan cari dan gali berbagai artikel musik di blog ini.

Sumber : http://widalcommunity.wordpress.com/artikel/tips-kirim-demo-ke-label/

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: